You Are Here: Home » nasional » RI – Kamboja Sepakat Meningkatkan Kerjasama Bilteral

RRIMakassar.com, Jakarta .  Dalam kunjungan kerja sehari ke Phnom Penh, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa bersama dengan Menteri Luar Negeri Kamboja, Hor Namhong membahas berbagai isu bilateral, regional maupun isu khusus yaitu fasilitasi Indonesia terkait konflik Kamboja dan Thailand.

Dalam rilis resmi tertulis yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri pada senin (5/3) Kedua Menlu sepakat akan meningkatkan kerjasama bilateral kedua Negara ke tingkat yang lebih tinggi lagi, termasuk untuk menindaklanjuti kesepakatan yang telah dihasilkan dalam pertemuan Presiden RI dengan PM Kamboja di sela-sela KTT ASEAN, November 2011 di Bali.

“Indonesia dan Kamboja antara lain akan memfokuskan pada upaya kerjasama di bidang ketahanan pangan, perhubungan udara dan investasi di sektor telekomunikasi” ujar Menlu Marty Natalega di Phnom Penh Kamboja, Senin (5/3).

Guna memonitor perkembangan kerjasama di beberapa sektor dimaksud, Tidak hanya itu saja kedua Menlu juga sepakat akan merevitalisasi Komisi Bersama kedua Negara pada tahun 2012 ini.
“Kami telah sepakat untuk merevitalisasi Komisi Bersama tahun ini yang terakhir diadakan pada tahun 2006”, tambah Marty.

Dalam kunjungan singkat tersebut, kedua Menlu juga membahas berbagai hal terkait dengan isu ASEAN di bawah keketuaan Kamboja tahun ini. Kedua Menlu antara lain membahas upaya menindaklanjuti hasil-hasil yang telah dicapai ASEAN pada tahun 2011 di bawah keketuaan Indonesia.

Beberapa isu yang dibahas diantaranya adalah aksesi negara pemilik senjata nuklir pada protokol kawasan bebas senjata nuklir Asia Tenggara, Laut China Selatan, perkembangan positif di Myanmar dan semenanjung Korea.

“Indonesia mendukung sepenuhnya upaya yang saat ini dilakukan Kamboja selaku Ketua ASEAN”, kata Marty usai bertemu dengan  Menlu Kamboja, Hor Namhong, (5/3)

Dalam pertemuan ini juga dibahas kelanjutan fasilitasi Indonesia dalam upaya menyelesaikan konflik perbatasan antara Kamboja dan Thailand.

Sesuai instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kunjungan Menlu Marty Natalegawa ke Kamboja juga untuk membahas penyempurnaan dari kerangka acuan pengiriman tim peninjau Indonesia di wilayah perbatasan antara Thailand dan kamboja yang dipersengetakan kedua negara ini sehingga disesuaikan dengan keputusan Mahkamah Internasional pada tanggal 18 Juli 2011.

Lebih lanjut Marty menekannkan pentingnya menjaga momentum yang saat ini telah ada, dimana kondisi di perbatasan relatif aman dan stabil.
“Kita bersyukur kondisi di perbatasan Kamboja dan Thailand saat ini jauh lebih stabil dibandingkan saat yang sama tahun lalu” tutup Marty.

Dijadwalkan Menlu RI Marty Natalegawa dalam waktu dekat juga akan bertemu, membahas hal yang sama dengan Menlu Thailand untuk memfinalisasi rencana pengiriman tim observer Indonesia tersebut.(Dian T/BCS/KBRN-rri.co.id)

Leave a Reply

© 2012 - 2012 RRI – Radio Republik Indonesia · Subscribe:PostsComments · Designed by Theme Junkie · Powered by WordPress

Switch to our mobile site